EVALUASI PROGRAM GERAKAN PENDAMPINGAN IBU HAMIL DAN NEONATUS RISIKO TINGGI (GERDARISTI) UNTUK MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI DI KABUPATEN NGANJUK

TITIN RATNANINGSIH

Sari


Latar Belakang : Angka kematian Ibu dan Bayi di Kabupaten Nganjuk terus mengalami peningkatan yaitu peringkat ketiga untuk AKI dan kedua untuk AKB dari seluruh kota/kabupaten di Jawa Timur. Salah satu upaya untuk menekan jumlah kematian ibu dan bayi adalah melalui Program Pendampingan Ibu Hamil dan Bayi Risiko Tinggi (Gerdaristi).

Tujuan Penelitian : Mengevaluasi tingkat keberhasilan pelaksanaan Program Gerdaristi dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Nganjuk

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan rancangan pengambilan data kualitatif, teknik pengambilan sampel secara purposive sampling jenis criterion sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, Focus Group Discussion (FGD), observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan rantai bukti, triangulasi, member cek, perpanjangan keikutsertaan dan pengecekan teman sejawat.

Hasil Penelitian : Program Gerdaristi di Kabupaten Nganjuk  berjalan hampir 3 tahun. Latar belakang pembentukan adalah menurunkan AKI dan AKB. Program Gerdaristi ini dilaksanakan diseluruh Kecamatan. Pelaksanaan Program Gerdaristi setiap satu bulan sekali yang di pusatkan di Puskesmas. Selain pendampingan di Puskesmas juga dilakukan kunjungan rumah tiap minggu oleh kader.Tingkat keberhasilan Program Gerdaristi sangat tinggi yaitu  jumlah kematian ibu dan bayi yang dari tahun ke tahun mengalami penurunan.  Meskipun demikian masih ditemukan beberapa hal diantaranya tidak maksimalnya pendampingan yang dilakukan oleh kader dan tingkat pengetahuan ibu tentang kehamilan risiko tinggi yang masih kurang, serta masih terdapatnya kematian ibu dan bayi di beberapa kecamatan.  Hal ini disebabkan ada beberapa faktor yang menghambat diantaranya kesadaran ibu hamil untuk bersalin di rumah sakit yang rendah serta adanya faktor kematian yang tidak bisa diprediksi dari awal.

Kesimpulan : Program Gerdaristi sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana awal dengan melibatkan beberapa sektor terkait, meskipun ada beberapa hal yang pelaksanaannya tidak maksimal, akan tetapi dinilai Program ini sudah cukup berhasil.

Kata Kunci : Program Gerdaristi, Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.