ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN PREEKLAMSIA DI RSUD KABUPATEN NGANJUK

Tri Retnoningsih

Sari


Preeklampsia merupakan penyakit hipertensi yang disebabkan oleh kehamilan yang ditandai dengan hipertensi, edema, dan proteinuria setelah minggu ke-20. Penyebab kematian ibu salah satunya adalah preeklamsia. Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Kejadian preeklamsia di RSUD Kabupaten Nganjuk.

Desain penelitian ini adalah desain penelitian observasional dengan pendekatan case control. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 April - 5 Mei 2017 dengan jumlah populasi sebanyak 39 orang dan sampel 36 orang dengan teknik sample random sampling. Pengumpulan data variabel independent dan variabel dependent dengan cara observasi dan kuesioner.Analisis data dengan menggunakan uji Regresi logistik.

Berdasarkan hasil uji regresi logistik didapatkan  p value status gizi : 0,025  pada α : 0,05 maka pengaruh kejadian preeklamsi di pengaruhi status gizi secara signifikan dan nilai F : 8,784.

Pengaruh kejadian preeklamsi dipengaruhi oleh Kunjungan ANC, Status gizi, penyakit penyerta dan tidak di pengaruhi oleh paritas, sosial ekonomi

 

 

Kata kunci : Preeklamsi, ANC, Status gizi, Paritas, Sosial Ekonomi, Penyakit penyerta


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.