HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN TEKNIK RELAKSASI DENGAN KALA I PERSALINAN

SRI NGAYOMI

Sari


Hampir semua wanita mengalami nyeri persalinan dan semakin meningkatny kesadaran masyarakat akan berbagai efek buruk yang mungkin terjadi dalam hal-hal seperti penggunaan obat penenang dan obat tidur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara penggunaan teknik relaksasi dengan kala I persalinan. Dalam penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi observasional dengan menggunakan desain crosssectional. Besar sampel 19 ibu bersalin dengan menggunakan teknik porposive sampling. Cara pengumpulan data dengan menggunakan lembar pengumpul data dan lembar pengamatan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tabel silang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 19 responden didapatkan dimana mengalami nyeri ringan sebanyak 9 orang (43,37%), mengalami nyeri sedang sebanyak 6 orang (31,58%), dan mengalami nyeri hebat sebanyak 4 orang (21,05%). Simpulan pada hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara penggunaan teknik relaksasi dengan kala I persalinan sehingga disarankan pada ibu bersalin agar pada kala I persalinan menggunakan teknik relaksasi dengan baik dan benar. Bagi peneliti agar dapat membuktikan hubungan penggunaan teknik relaksasi dengan kala I persalinan perlu diadakan penelitian secara analitik dan dilakukan tidak hanya sebatas satu tempat penelitian saja.

 

Kata kunci : penggunaan teknik relaksasi, kala I persalinan

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.